Inseminasi buatan saat kunjungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan di Tanah Putih

Lingga (Media Center) - Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PHK) Kementerian Pertanian RI, Drh. I Ketut Diarmita MP melakukan kunjungan ke Kabupaten Lingga, Kamis (20/04/2017) siang.

Kunjungan itu dilakukan Dirjen PKH dalam rangka mengapresiasi inisiasi Bupati Lingga yang membangun perkebunan tanaman indegofera seluas 100 hektar di Tanah Putih, Dabo Singkep sebagai tempat hijauan pakan ternak.

Sekaligus melaksanakan Inseminasi Buatan (IB) program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) untuk pemenuhan kebutuhan swasembada pangan daging dalam negeri dilokasi tersebut.

"Bukan saja saya hormati namun juga saya kagumi. Karena Lingga memang membutuhkan bupati seperti ini. Saya sangat apresiasi sekali kepada Bupati Lingga yang telah menyiapkan pakan ternak terlebih dahulu. Kemudian baru ternaknya," kata Drh. I Ketut Diarmita MP dalam sambutannya

Dia berjanji akan memprioritaskan bantuan kepada Pemkab Lingga terutama penyedia ternak berupa sapi. Namun dalam pengelolaanya nanti diharapkan dapat di kelola dengan baik dan benar.

"Jadi kerja ini bukan hanya baik, tapi juga benar. Saya pesankan, ketika nanti bantuan itu benar datang. Bagi penerimanya agar dapat diatur dengan baik, sehingga tidak jadi masalah yang bertentangan hukum nantinya. Terus terang saja itu yang sering terjadi saat saya jadi Dirjen PKH," pesannya kepada Bupati Lingga.

"Saya yakin nanti pak bupati dapat menyiapkan itu dengan sebaik mungkin. Tanam dulu pakannya, nanti baru dikirim sapi kesini. Saya mau melihat dulu hasilnya. Mudah-mudahan dalam APBN-P ada bantuan ternak. Untuk 2018 juga kita ada bantuan sapi lagi. Saya tidak janji namun saya akan usahakan ada juga untuk Lingga, karena janji adalah hutang," ujar Dirjen PKH itu lagi.

Lebih lanjut Diarmita menekankan bahwa Dirjen PKH sangat berharap progres report terkait pekembangan bantuan peternakan yang akan diberikan kepada Lingga nantinya bisa sukses sesuai dengan keinginan pihaknya.

"Jangan sampai nanti kita bantu 100 ekor sapi namun setahun dua tahun malah berkurang atau hilang. Saya inginnya berkembang bantuan ini menjadi lebih baik lagi, dan lebih banyak lagi. Untuk itu perlu kerja yang serius dan juga fokus. Saya sangat mendukung usaha yang telah dilakukan pak bupati," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Lingga, Alias Wello menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dirjen PKH yang telah datang berkunjung ke Kabupaten Lingga dan berjanji memenuhi segala keinginan jika bantuan tersebut terealisasi seperti yang diharapkan.

"Terimakasih pak Dirjen PKH, Drh. I Ketut Diarmita MP yang telah datang ke Lingga yakni di lokasi pengembangan indigofera menuju kemandirian pakan ternak. Mudah-mudahan dengan usaha kami yang kecil ini bapak Dirjen dapat mengalokasikan bantuannya dilokasi pelaksanaan IB buat Program Upsus Siwab ini," ucap Alias Wello.

Usai keduanya menyampaikan sambutan, Dirjen PKH bersama Bupati langsung melaksanakan penanaman perdana pakan ternak indigofera yang nanti akan di olah menjadi palet pakan ternak berprotein tinggi. Kemudian disambung dengan Inseminasi Buatan program Upsus Siwab kepada hewan ternak yang telah disiapkan di lokasi Tanah Putih tersebut. (Bayu)

 

Website SKPD Lingga