Wakil Bupati Lingga, M. Nizar bersama calon jamaah haji dari Kabupaten Lingga

Lingga (Media Center) - Sebanyak 45 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lingga, dilepas secara resmi keberangkatannya oleh Wakil Bupati Lingga M Nizar di  Masjid Azulfa, Dabo, Kecamatan Singkep, Lingga pada Jum'at (29/7/2017) malam.

Kabag Kesra Kabupaten Lingga, H Ahmad Sukri sebagai ketua panitia penyelenggaraan haji pada sambutan di hadapan para jamaah haji menyebutkan, jumlah CJH asal Lingga semulanya hanya 31 orang, namun mendapat tambahan 12 orang dari haji reguler, hingga jumlah CJH asal Lingga berjumlah 43 orang keseluruhannya.

"Dari 43 orang jamaah yang ada ini, Lingga mendapat tambahan lagi 1 orang dari TPAD dan 1 orang lagi yang sudah terlebih dahulu berangkat ke Mekah atas nama H Zahid serta ditambah lagi 1 orang dari Kementrian Agama yang sekaligus sebagai ketua rombongan atas nama Endang," kata Sukri.

Adapun perincian jumlah CJH Kabupaten Lingga menurut kecamatan yakni, Kecamatan Lingga 12 orang, Kecamatan Lingga Utara 2 orang, Kecamatan Lingga Timur 2 orang, Kecamatan Selayar 1 orang, Kecamatan Senayang 4 orang, Kecamatan Singkep 10 orang, Kecamatan Singkep Barat 9 orang dan terakhir Kecamatan Singkep Pesisir 5 orang.

"Rencananya, kata Sukri, ke 45 orang CJH ini akan diberangkatkan besok pagi (Sabtu-red) ke Batam dengan kapal laut MV Oceanna. Sebelum berangkat menuju Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah haji, rombongan jamaah haji Kabupaten Lingga bersama juga dengan kabupaten kota lainnya di Kepri untuk sementara diinapkan di Asrama Haji, Batam Center sambil mempersiapkan diri," terang Sukri.

Wakil Bupati Lingga M Nizar pada kesempatan ini mengharapkan dan berpesan kepada semua jamaah agar dapat betul-betul memanfaatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji ini. Karena tidak semua umat Islam itu mendapat kesempatan untuk melaksanakannya.

"Jadi manfaatkanlah kesempatan ini untuk benar-benar beribadah dengan khusuk dan ikhlas hanya semata-mata dengan niat karena Allah SWT. Karena balasan haji yang mabrur itu adalah surga. Saya juga menginformasikan jikalau kita mendaftar pada tahun ini itu, nanti baru bisa melaksanakan ibadah hajinya cukup lama yakni 6 tahun kedepan. Untuk itu sekali lagi saya berpesan saat ini kepada semua jamaah untuk terus menjaga kesehatannya sampai ke tanah suci nanti. Semoga dalam menjalankan ibadah haji para calon jemaah haji asal Lingga selalu dalam keadaan sehat dan khusuk dalam beribadah, pergi dan pulang dengan selamat tidak ada kendala nanti," papar Nizar.

Penutup acara pelepasan CJH Lingga yang digelar di Masjid Azulfa Dabo Singkep ini diisi dengan tausiah oleh H. Lukman Nur Hakim dari Provinsi Kepri. Hadir dalam kesempatan ini anggota dan Ketua DPRD Lingga, OPD Lingga, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak keluarga dari jamaah haji yang akan berangkat. (Hms/Bayu)

Website SKPD Lingga