Rombongan jamaah haji asal Kabupaten Lingga

Lingga (Media Center) - Para jemaah haji Kabupaten Lingga yang termasuk dalam kloter 1 Embarkasi Batam saat ini sudah bertolak menuju kota Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh Haji Tambatum.

"Sudah bertolak ke Mekkah setelah 9 hari berada di Madinah. Yang berangkat untuk keseluruhan kloter 1 dan juga Lingga semuanya berjumlah 445 orang," kata Muhammad Nizar, Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Lingga, Selasa (8/8/2017)

Dia mengatakan dari 445 orang tersebut, hanya 2 orang jemaah haji yang ditunda keberangkatannya ke kota Mekkah karena mengalami sakit yang cukup serius sehingga harus mendapat perawatan intens dirumah sakit Madinah.

"Ada 2 orang jemaah haji yang di tunda berangkat ke kota mekkah karena sakit. Yakni Zahid dari Kabupaten Lingga dan Syuid dari Kabupaten Karimun," ungkapnya

Sementara disisi lain untuk fasilitas dan pelayanan selama melaksanakan tahapan ibadah haji dari pemerintah Republik Indonesia, Nizar mengatakan cukup baik. Baik itu selama 9 hari di Madinah begitu juga sebelumnya.

"Alhamdulillah fasilitas dan pelayanan yang diterima dari pemerintah RI cukup baik selama berada di Madinah," kata Nizar

Dia berharap, setelah berada di Kota Mekkah nanti para jemaah haji lainnya dapat menjaga kesehatan fisik dan juga mentalnya. Karena mengingat suhu udara saat ini begitu panas yakni mencapai 40 sampai dengan 45 derajat Celsius.

"Kita harap para jemaah haji yang berangkat ini bisa menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Sebab suhu sangat berbeda sekali dengan wilayah kita. Jadi sangat rentan sekali jika tidak menjaga kestabilan kondisi tubuh," tutupnya (Hms/Bayu)

Website SKPD Lingga