Ustad Abdul Somad saat memberikan tausiah di Lingga

Lingga (Media Center) - Masyarakat di ibukota Kabupaten Lingga antusias mendengarkan tausiah agama dari Ustadz Abdul Somad Lc.MA, di lapangan kantor Bupati Lingga, Selasa (22/8) sore.

Ustadz kondang Indonesia yang terkenal dengan ceramah-ceramah tegasnya itu, sengaja diundang pemerintah setempat dalam rangka mengisi salah satu agenda peringatan HUT RI ke-72.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan ceramah menyampaikan harapan, dengan kedatangan Ustadz Somad dapat memberi spirit bagi masyarakat muslim daerah itu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah.

"Masih banyak mesjid yang kosong, saff yang kosong. Semoga dengan kedatangan ustadz Somad, dapat membangkitkan semangat kita untuk beribadah," kata Nizar.

Nizar juga mengharapkan ustadz memberikan pencerahan kepada masyarakat Lingga tentang nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ini momennya HUT RI, semoga ustad memberi pencerah juga terhadap nilai persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Abdul Somad saat membuka ceramahnya mengaku bangga tiba di kabupaten berjuluk "Bunda Tanah Melayu" itu.

Dosen UIN Sultan Sarif Kasim Pekanbaru, lulusan Al-Azhar Kairo, dan S2 di Maroko tersebut juga mengaku senang dapat sholat di mesjid Jammi Sultan Lingga.

"Nanti saya update status, sudah sampai di Bumi Bunda Tanah Melayu. Dapat oleh-oleh foto dengan latar belakang gunung daik juga," ungkapnya.

Abdul Somad sempat menyinggung soal buku/kitab yang ditulis ulama Lingga, yang dicetak di negeri arab. Buku yang dulu pernah dicari-cari oleh Buya Hamka itu, ternyata menjadi hadiah istimewa yang ia dapatkan di Lingga. Ia berencana mengubah suai, tafsiran dari isi buku tersebut. Ia pun berjanji mempelajari serta menulis perjalanan sejarah kerajaan islam Riau-Lingga. (KMS)

Website SKPD Lingga