Rapat pembahasan kesiapan POPDA oleh DISPARPORA diruang serbaguna One Hotel Dabosingkep, Kamis (28/9/2017) malam.

Lingga (Media Center) -  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga melaksanakan rapat koordinasi persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kepri ke-VII tahun 2018 diruang serbaguna One Hotel Dabosingkep, Kamis (28/9/2017) malam.

Rapat ini dilaksanakan sebagai langkah awal persiapan POPDA yang melibatkan pihak provinsi Kepri dan seluruh perwakilan intansi olahraga 7 Kabupaten/Kota se-Kepri.

Hadir dalam pertemuan ini, Kepala bidang Olahraga Provinsi Kepri, Jasman, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Idrus, Kepala bidang pemuda dan olahraga Lingga, Safaruddin, Kepala seksi Pemuda Lingga, Supendi, Kepala Seksi Olahraga Lingga, Rustam dan sejumlahbperwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga se-provinsi Kepri serta pengurus cabang olahraga se-kabupaten Lingga.

POPDA yang dilakukan dua tahun sekali ini merupakan POPDA VII dan dilaksanakan di Kabupaten Lingga sebagai tuan rumah tahun 2018.

Safaruddin selaku Kepala bidang Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga membuka secara resmi penyelagaran rapat. Dalam sambutannya, dia mengajak kepada peserta rapat agar pelaksanaan POPDA VII berjalan dengan baik dengan mengirimkan atlet yang terbaik dan benar-benar dari Kabupaten dan kota masing-masing.

"Sebelumnya kami terimaksih karena rencana pertemuan ini sesuai dengan yang dijadwalkan. Terimakasih kepada Kepala Bidang Olahraga provinsi Kepri bapak Jasman,  juga kapada Kepala dinas Olahraga dan Pemuda Kota Batam atau yang wakili, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas yang kebetulan hari ini tidak bisa hadir," kata dia dalam sambutannya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga Drs. Idrus mengatakan bahwa pihaknya siap dan ingin menjadi tuan rumah yang baik. Disamping ajang silaturahmi, kata dia ajang POPDA ini diharapkan juga untuk meningkatkan prestasi, tidak hanya untuk Kabupaten Lingga tetapi se-provinsi Kepri.

"Yang ingin saya ucapkan yaitu terimakasih serta ucapan kesiapan kita untuk mensukseskan acara ini," ujar dia.

Dia katakan untuk penyelenggaraan nantinya ada 10 cabor yang dilombakan dan dilaksanakan di dua tempat yaitu 4 cabor di Daik Lingga dan 6 cabor di Dabosingkep.

"Untuk kesiapan sejauh ini kita telah melibatkan dinas terkait, seperti DPU, Dishub, Dinas Pariwisata dan sebagainya. Dengan harapan semuanya nanti tidak adanya kendala pada proses pelaksanaan hingga selesai," kata dia.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Olahraga Kepri, Jasman dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan POPDA sebagai penjaringan atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).

"Selain persiapan rapat penyusunan anggaran POPDA tahun 2018 ini, kami juga  sekaligus peninjau venue kesiapan tuan rumah penyelenggara yakni Kabupaten Lingga," papar dia.

Rapat ini juga menyinggung anggaran provinsi dan kewenangan, baik itu provinsi dan kabupaten serta penentuan kapan pelaksanaan POPDA akan dilangsungkan nantinya.

Dia mengakui dengan kondisi geografis provinsi Kepri yang terdiri dari pulau akan mempengaruhi faktor besarnya anggaran yang akan dikucurkan pada pelaksanaan POPDA. Namun begitu pelaksanaan ini tetap harus dilakukan karena ajang POPDA dapat melahirkan bibit olahraga yang berkesinambungan.

"Ini POPDA khususnya bagi pelajar. Berbeda dengan umum. Kalau pelajar tentu lebih konsisten dan fokus ketika dibekali dan berkompetisi," terang dia.

Dia juga berharap sebagai tuan rumah pertama kalinya, Kabupaten Lingga dapat menunjukkan eksistensinya sebagai yang dipercayakan.

"Kita harap semua berjalan dengan lancar. Walau sekarang baru kita mulai. Menjadi tuan rumah itu tentu banyak keuntungan, terutama dapat fasilitas olahraga, seperti kolam renang di Daik," tutup dia. (Hms/Bayu)

Website SKPD Lingga