Bupati Lingga, Alias Wello menandatangani perjanjian kerjasama Lingga - Tanjabtim

Lingga (Media Center) Hari ini, Senin (20/11) Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau memperingati hari jadi ke-14, puncaknya, DPRD Lingga menggelar sidang paripurna istimewa. Ruang sidang seketika riuh gegap gempita saat bupati Lingga Alias Wello diberi kesempatan menyampaikan sambutan. Bupati yang terbiasa tanpa teks itu awalnya membeberkan beragam keberhasilan yang dicapai selama 21 bulan memimpin Lingga, suasana biasa saja. Namun saat ia menyampaikan kerjasama yang sedang dibangunnya bersama bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, intonasi suaranya meninggi dan tampak bersemangat.

Berkali - kali Wello memuji kesigapan bupati Romi terkait wujudnya kerjasama yang telah disepakati di hadapan wakil presiden RI Jusuf Kalla sehari sebelumnya. “Beliau adalah sosok anak muda yang bekerja cepat, sigap dan tidak perlu diragukan penguasaannya terhadap birokrasi pembangunan,”kata Wello disambut tepuk tangan menggemuruh hadirin paripurna. Wello juga menceritakan bagaimana Romi yang tiba - tiba datang ke gedung daerah di Dabo Singkep pertengahan Mei 2017 lalu dan mengungkapkan niatnya untuk bekerjasama.

Saat itu Wello melihat kesungguhan dan ketulusan Romi yang harus ia sambut dengan ketulusan dan tangan terbuka pula. Apalagi, Romi dan tim OPD nya kemudian begitu respon terhadap hal - hal yang diusulkan Lingga, termasuk rencana pembangunan industri perikanan di Lingga dan pengelolaan bersama pulau Berhala.
Bupati Wello juga menyampaikan harapannya agar Tanjabtim jangan sampai hanya terpaku pada destinasi pulau Berhala. Dia menyampaikan destinasi pulau Berhala bisa dikembangkan ke pulau - pulau lain di sekitarnya. Tersedia pula potensi snorkeling, diving di sepanjang gugusan pulau yang tersebar di Kabupaten Lingga hingga Kota Tanjungpinang. “Kami percaya semangat bupati Tanjabtim bisa menjadi pemacu terwujudnya cita - cita besar itu,”kata Wello yang kembali disambut tepuk tangan meriah.
Untuk diketahui, kerjasama Tanjabtim dan Lingga terwujud setelah bupati Romi melakukan kunjungan muhibah ke Lingga pertengahan Mei 2017 lalu. Ketika itu Romi menjelaskan bahwa langkah tersebut dia tempuh setelah mempelajari kesamaan budaya dan kehidupan sosial masyarakat kedua daerah yang bertetangga itu. Romi melihat potensi budaya dan kearifan lokal masing - masing daerah bisa disatukan menjadi kekuatan besar menyongsong tantangan yang semakin komplek bagi kedua daerah. Baik Tanjabtim maupun Lingga berada dalam penyangga kawasan ekonomi strategis Singapura-Batam-Johor (Sibajo) dan berada dalam jangkauan alur pelayaran internasional Selat Malaka maupun Laut China Selatan. (KN.Ridwan/MC)

Website SKPD Lingga