Air terjun Jelutung di Desa Mentuda, Kabupaten Lingga

Lingga (Media Center) Demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan pasokan air bersih yang berkualitas, Gubernur Kepulauan Riau meninjau langsung sumber air baku yang tersedia di Kabupaten Lingga; Ahad (7/1).

Dalam kunjungannya ke Lingga, beliau didampingi oleh tim dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, untuk mengkaji langsung kualitas air terjun Sepanjang dan sungai Jelutung yang terletak di Desa Mentuda, Kabupaten Lingga ini. Beliau beranggapan, sumber air yang melimpah ini bisa dimanfaatkan untuk penyediaan air di wilayah Lingga, bahkan mungkin bisa sampai ke Batam.

“Kebutuhan air terus meningkat untuk industri, rumah tangga dan lainnya. Sumber-sumber baru penyediaan air harus terus disiapkan,” kata Nurdin.

Beliau memang melakukan perjalanan khusus ke kawasan ini untuk melihat potensi air baku yang tersedia. Setelah beraktivitas di Tanjungpinang dan Pulau Batu Belubang, Nurdin bergerak menuju Lingga.

Dalam perjalanan menuju ke sungai Jelutung, terlihat debit air yang sangat melimpah. Karena itu, Nurdin langsung meminta tim BWS untuk melakukan kajian terhadap debit air, kualitasnya, dan hal-hal lain terkait kebutuhan air kedepannya.
“Tolong segera kaji kualitasnya. Termasuk distribusi ke sejumlah pulau,” kata Nurdin.

Saat kunjungan tersebut, hujan baru saya menguyur kawasan ini. Sehingga ada kekeruhan pada air tersebut. Tim BWS pun baru membawa perlengkapan standar. Sehingga mereka akan melakukan kajian khusus untuk ini.

Soal kunjungan ke Daik, sebelumnya sudah menjadi perbincangan Nurdin bersama tim BWS. Saat sidak ke Waduk Sei Gong dan Waduk Kawal, Nurdin mengatakan bahwa sumber sumber air baku baru harus dicari, terutama ke kawasan Lingga.

“Ke pelosok manapun akan saya temani, apalagi ini untuk kepentingan masyarakat,” kata Nurdin saat itu. (MC)


Website SKPD Lingga