Bupati Lingga,beserta rombongan saat kunjungan ke Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil RI.

Lingga (Media Center)  Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga, mengunjungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencacatan Sipil RI, Rabu (10/1). Kunjungan ini dilaksanakan guna terwujudnya program pelayanan dokumen kependudukan langsung tanpa biaya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil Lingga, Muhammad mengungkapkan, dalam kunjungan tersebut, Bupati Lingga serta Ketua DPRD Lingga turut hadir langsung untuk mendampingi.

"Kunjungan ini sangat diapresiasi oleh Kemendagri. Bahkan, kehadiran Bupati dan Ketua DPRD Lingga ,menunjukkan bahwa Bupati dan DPRD sangat mendukung program pemerintah pusat," kata beliau, Kamis (11/1)

Dia mengungkapkan, untuk menyukseskan program tersebut, Disdukcapil Lingga sudah mengaplikasikan dalam wujud program pelayanan langsung dari pintu ke pintu, selanjutnya dokumen langsung dicetak di desa.

"Kecuali e-KTP yang tidak bisa kita cetak langsung. Program ini sudah kami laksanakan dari tahun 2017, dan pastinya akan kita lanjutkan tahun ini," ujarnya.

Setiap program yang dilaksanakn tidak semuanya berjalan mulus, misalnya masalah keterbatasan dana yang pernah dialami oleh Disdukcapil Lingga pada tahun lalu. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Disdukcapil Lingga, agar bagaimana bisa memaksimalkan kinerja dalam keterbatasan tersebut.

"Kendala kita di 2017 hanya pada terbatasnya anggaran, sehingga tidak semua desa dapat kita kunjungi. Insya Allah, tahun ini kita lanjutkan untuk desa-desa yang belum dikunjungi 2017," kata dia.

Dengan adanya program pelayanan dari pintu ke pintu serta pencetakan langsung dokumen di desa, masyarakat menjadi lebih terbantu. (MC)

Website SKPD Lingga