Kadis DPKP, Rusli Ismail

Lingga (Media Center) - Bank Indonesia Cabang Batam, Kepulauan Riau, akan menjalin kerja sama bersama Pemkab Lingga. Kerjasama tersebut bergerak di bidang pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, Rusli mengatakan, adapun bentuk kerjasama tersebut yakni pengembangan kawasan pertanian terpadu.

"Setelah pihak Bank Indonesia turun ke Kabupaten Lingga dan melakukan survei, yang cocok itu menurut dia Desa Bukit Langkap. Jadi MoU nya dengan Kabupaten Lingga," kata dia, Selasa (6/2/2018).

Rencananya, Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak tersebut akan berlangsung selama 5 tahun, yang pada tahap awalnya dipusatkan di Desa Bukit Langkap sebagai daerah binaan Bank Indonesia.

"Kemungkinan untuk meluas ke desa lainnya yang mengembangkan sektor pertanian terbuka lebar. Makanya, dia pakai satu dulu sebagai contoh. Jika ini berhasil, dia akan mengembangkan sayapnya ke desa sekitar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin menyambut baik kerjasama tersebut. Bahkan, ia berharap para petani di desa itu dapat memanfaatkan peluang sebaik mungkin.

"Saya berharap para petani lebih giat lagi, karena program-program nantinya akan banyak masuk ke desa ini," ujarnya.

Saat ini, Desa Bukit Langkap sudah maju selangkah dari desa lainnya yang mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Lingga. Walaupun sempat gagal panen padi beberapa kali, tak menyurutkan niat petani setempat untuk putus asa. (MC)

Website SKPD Lingga