Kepala Seksi (Kasi) Perumahan dan Kawasan Pemukiman, DPUPR-PKP Lingga, Zifrizal.

Lingga (Media Center) - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) kembali mengusulkan Bantuan Stimulan Perumahan Swada (BSPS) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala DPUPR-PKP Lingga Said Nursyahdu melalui Kepala Seksi (Kasi) Perumahan dan Kawasan Pemukiman Zifrizal mengatakan, pihaknya mengusulkan sekitar 900 lebih rumah untuk mendapatkan program dari Kementerian PUPR tersebut.

"Kita tahun ini kembali mengusulkan progam ini. Sekarang juga kita masih menunggu berapa yang diterima usulannya. Mudah-mudahan tahun ini kita dapat banyak. Yang jelas, target kita dapat separuh atau sekitar 450 rumah dari usulan kita. 50 persen lah," kata Zifrizal.

Ia menjelaskan, dari sekian banyak rumah yang diusulkan itu, yang paling banyak berasal dari wilayah pesisir Kabupaten Lingga.

"Wilayah pesisir yang lebih banyak kita usulkan. Kalau disini (Daik) atau Dabo sudah agak lumayan lah, yang kasihan kan warga kita yang disana (wilayah pesisir)," ujarnya.

Sebagaimana untuk diketahui BSPS merupakan program bantuan pemerintah yang dirilis oleh Kementerian PUPR. Dimana program ini berupa stimulan bagi MBR untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU).

Selain itu, BSPS juga merupakan stimulan bagi masyarakat untuk bisa bergotong-royong dalam meningkatkan kualitas RTLH. Besarnya bantuan pun beragam, mulai Rp7,5 juta, Rp 10 juta, hingga Rp 15 juta yang diberikan dalam bentuk bahan bangunan.

Untuk di Lingga sendiri penerima program BSPS tahun lalu berjumlah 391 RTS dan semuanya sudah rampung di kerjakan. Hanya tinggal beberap RTS yang belum atau masih dalam tahap pengerjaan rehabilitas. (MC)

Website SKPD Lingga