Panen Padi di Desa Bukit Langkap beberapa waktu lalu

Lingga (Media Center) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melalui BWS Sumatera IV (Balai Wilayah Sungai Sumatera IV) direncanakan akan membangun irigasi sawah di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga.

Pembangunan irigasi tersebut akan dibagi menjadi dua tahapan pelaksanan pekerjaan yakni pada 2018 dan 2019 mendatang.

"Kita akan bangun jaringan irigasi di Desa Bukit Langkap. Ini kita lakukan karena Bukit Langkap merupakan salah satu bagian dari beberapa Program Pembangunan Infrastruktur Irigasi yang akan dibangun di Kabupaten Lingga. Pelaksanaan pekerjaannya dibagi menjadi 2 tahap yaitu 2018 dan 2019," kata PPK Irigasi dan Rawa BWS Sumatera IV, Eris Hendrabuana. Kamis (29/03/2018).

Menurut Eris, masyarakat Desa Bukit Langkap sangat menyambut positif dan turut mendukung pelaksanaan pembangunan irigasi di desa mereka.

"Masyarakat memberikan sambutan positif. Karena perlu diketahui juga pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan kepala BWS Sumatera IV, DR Ismail Widadi, bersama Wakil Bupati Lingga M Nizar ke daerah irigasi Bukit Langkap pada Oktober 2017 lalu," ungkap Eris.

Ia berharap Bukit Langkap yang merupakan kawasan sentral pertanian, dapat diprioritaskan pembangunannya selesai pada tahun 2019. Ia juga meminta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Lingga agar segera melakukan penyelesaian percetakan sawah di daerah irigasi tersebut tuntas 349 Ha pada tahun anggaran 2018.

Ditempat terpisah, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR-PKP Lingga, Syarifuddin mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak BWS Sumatera IV yang pada tahun ini melaksanakan pembangunan irigasi sawah di Bukit Langkap.

Pihaknya siap mendukung penuh, mengingat irigasi sangat penting dalam menyukseskan program Bupati Lingga.

"Saya berharap masyarakat dan semua pihak terkait dapat mendukung program BWS Sumatera IV ini. Mudah-mudahan ke depan berlanjut terus," ujarnya. (BT/Bayu/SMI)

Website SKPD Lingga