Kabupaten Lingga Gelar Sensus Ekonomi Mei 2016

Diposting pada

Foto: Spanduk sosialisasi Sensus Ekonomi tahun 2016 yang terpajang di depan kantor BPS Lingga. Ard

Lingga (Media Center) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lingga akan melaksanakan Sensus Ekonomi pada bulan Mei 2016 mendatang, kata Kepala BPS Kabupaten Lingga Yan Safrizal, kemarin.

Dia mengatakan, untuk sensus Ekonomi tahun 2016 kali ini, merupakan kali ke-4 di Indonesia. Sedangkan untuk Kabupaten Lingga, merupakan Kali ke 2, sejak berdiri pada 2003 lalu. Sebelumnya, sensus ekonomi 10 tahunan tersebut, dilakukan pada tahun 2006 lalu.

“Kita akan lakukan pendataannya pada bulai Mei mendatang. Banyak sektor yang akan di data, mulai dari pertambangan, sampai aktivitas rumah tangga yang memperkerjakan pekerja domestik,” kata dia, di Lingga.

Adapun beberapa sektor yang menjadi target pendataan BPS yakni, sekor pertambangan, industri, jasa-jasa, konstruksi, perdagangan, Real Estate, pendidikan, kesehatan kesenian dan beberapa sektor ekonomi lainnya.

Untuk proses pendataannya, Yan menjelaskan, BPS akan dibantu pihak kecamatan dengan merekrut petugas pendataan per kecamatannya. Sementara ini, BPS masih melakukan persiapan dengan program sosialisasi.

“Pihak kecamatan nantinya merekrut mitra yang akan bertugas dilapangan. Untuk se Kabupaten Lingga, membutuhkan petugas sensus sebanyak 99 orang,” terangnya. 

Sementara itu, terkait responden untuk pendataan disemua sektor tadi, kata Yan, targetnya pada semua pelaku usaha yang ada di Lingga, baik itu perusahaan, pemerintahan, rumah tangga, hingga lembaga non profit, seperti tampat ibadah dan Organisasi Masyarakat (Ormas). 

“Tiap mitra, kita siapkan 100 responden untuk jangka waktu kontrak selama sebulan. Dari data itu, dibuatkan tabel diagram, yang menggambarkan mana sektor yang sedikit dan mana sektor yang banyak. Nantinya semua akan dapat manfaat dari sensus ini” terangnya. 

Dia berharap, dengan Sensus Ekonomi tahun 2016 ini, dapat memberi banyak manfaat kepada semua pihak, khususnya pemerintah daerah selaku pembuat kebijakan kedepan.

Selain itu, juga akan memberi manfaat kepada masyarakat selaku penerima dampak manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah kedepan.

“Kita juga berharapa semua pihak yang terlibat dalam Sensus ini, dapat berkerja sama dengan baik untuk menyukseskan Sensus Ekonomi 2016. Ini juga akan berguna dalam menyonsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” tutupnya. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *