Pemkab Lingga Gelar Forum Perangkat Daerah 2019

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Forum Perangkat Daerah Kabupaten Lingga tahun 2019 resmi digelar. Rapat tahunan yang membahas mengenai program prioritas dan kegiatan pembangunan, baik itu yang berasal dari hasil Musrenbang Kecamatan, usulan OPD, maupun penyempurnaan dari Rencana Kerja Perangkat Daerah, melalui sistem perencanaan atas bawah (top down planning) hingga penyelarasan dengan hasil Musrenbang Kelurahan dan Desa, yang seluruhnya mengacu kepada Visi dan Misi Kepala Daerah.


Kegiatan yang digelar di Lingga Pesona, Senin 4 Maret 2019 ini, tampak hadir Asisten Pemerintahan, Kepala, Sekretaris, Kabag dan Kabid setiap OPD, juga hadir Lurah dan Camat se-Kabupaten Lingga.

Sebelum masuk ke acara inti, seluruh hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pembacaan Kalam Ilahi.

Selanjutnya, Bupati Lingga yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Lingga, menyampaikan kata sambutannya. Dalam arahan Bupati Lingga, beliau menjelaskan bahwa tujuan dari Forum Perangkat Daerah tersebut digelar adalah untuk melakukan sinkronisasi atas prioritas usulan kegiatan pembangunan dari Kecamatan dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah, yang kemudian menetapkan kegiatan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam Renja Perangkat Daerah tersebut, semuanya tertuang dalam aplikasi E-Planning.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam menyusun prioritas pembangunan 2020, dimana seperti yang diketahui telah memasuki 4 tahun kepemimpinan Awe – Nizar yang menitik beratkan pada pencapaian-pencapaian yang telah dittuangkan dalam dokumen perencanaan seperti RENSTRA dan RPJMD yang merupakan penjabaran dari VISI dan Misi Kepala Daerah.

“Dukungan dari semua sektor sangat dituntut integritasnya. Sinergitas mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Perangkat Daerah, sangat mutlak dilakukan untuk pencapaian Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Lingga, yang nantinya merupakan catatan ataupun rapor dalam masa kepemimpinan 5 tahun pada akhir periode.” kata beliau menekankan.

Lebih lanjut, belau menyampaikan bahwa, prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Lingga tahun 2020 difokuskan pada beberapa percepatan, diantaranya meliputi percepatan peningkatan pembangunan manusia melalui penguatan nilai agama dan budaya, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas pelayanan dasar.

Poin selanjutnya, percepatan penyediaan infrastruktur dasar dan saranan prasarana wilayang yang berwawasan lingkungan; Percepatan pembangunan sektor – sektor unggulan untuk peningkatan laju pertumbuhan ekonomi, daya saing dan iklim investasi; serta optimalisasi penerapan Good Governance dan peningkatan kualitas layanan publik.

Selain itu, dalam sambutannya, beliau juga mengajak seluruh elemen yang terlibat didalam forum perangkat daerah tersebut untuk mengesampingkan ego sektoral, serta menjaga kekompakan untuk mencapai satu tujuan bersama. Kedepan, ia mengharapkan harus ada pertemuan rutin, baik yang bersifat formal maupun informal. Hal semacam ini harus lebih digiatkan guna mempertajam dan lebih fokus membahas masalah per bidang, serta target yang ingin dicapai.

“Semoga Allah SWT, senantiasa mengabulkan segala jerih payah, amal dan usaha keras kita semua. Amin Ya Rabbal Alamin,” tutup beliau. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.