Cari Solusi Permasalahan Air di Lingga, Wabup Konsultasi ke BWSS IV Batam

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Demi mencari solusi untuk mengatasi permasalahan kebutuhan air dan pengairan di Kabupaten Lingga, Wakil Bupati Lingga kunjungi Balai Wilayah Sungai Sumatera IV (BWSS IV) di Batam. (11/04/2019)

Dalam kunjungan tersebut, beliau didampingi oleh Kabid Bina Marga, Agus Fitriyanto; Kasi Pengelolaan SDA dan Penahan Pantai, Jeki Amanda; serta Kasi Irigasi, Hardimansyah; dari Dinas PU Kabupaten Lingga.

Kunjungan ini sekaligus merupakan kunjungan balasan yang sebelumnya dilakukan oleh Kepala BWSS Batam ke Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu. Selain itu, kunjungan silaturahim ini juga merupakan ucapan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh pihak BWSS, karena pada tahun 2019 ini sudah melanjutkan pembangunan jaringan irigasi tahap 2 di Bukit Langkap, serta pembangunan konservasi air baku Bukit Tumang kelurahan Raya, Singkep Barat.

Selain membahas mengenai permasalah kebutuhan air di Kabupaten Lingga, ada beberapa poin penting yang Wakil Bupati Lingga sampaikan pada kunjungan tersebut.

Beliau menyampaikan keinginannya terkait pembangunan dam sungai Daik sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis air bersih di kota Daik. Disamping itu, poin terpenting yang beliau sampaikan ialah mengenai rencana pembangunan waduk Sungai Jelutung. Yang mana pada tahun ini BWSS IV menyiapkan DD bendungan Sungai Jelutung dan pemkab Lingga menyiapkan syarat dan kelengkapannya. Yakni dengan menyiapkan studi amdal, pembebasan lahan serta sertifikat bendungan.

Ismail Widadi, ST. M,Sc. selaku Kepala BWSS Batam, menyambut baik keinginan Wakil Bupati Lingga tersebut. Pihaknya meminta Pemkab Lingga untuk bisa menyediakan SK Tim Terpadu, sebagai upaya percepatan dalam mensinergikan percepatan pembangunan di Kabupaten Lingga, khususnya terkait pembangunan waduk Sungai Jelutung.

“Dalam waktu dekat, kita juga akan mempresentasikan laporan pendahuluan terkait DD Sungai Jelutung,” kata beliau.

Beliau menambahkan, untuk DD dam sungai Daik,  BWSS Batam baru akan menyiapkan pada tahun 2020,  sesuai dengan rencana kerja mereka.

Sebagai penutup, kepala BWSS menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Lingga yang sudah berkunjung ke tempatnya. (MC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.