Pemkab Lingga Gelar Sholat Kusuf Gerhana Matahari Cincin

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Berkenaan dengan adanya fenomena Gerhana Matahari yang terjadi di Kabupaten Lingga, Pemkab Lingga bersama Kemenag Kabupaten Lingga menggelar Salat Kusuf atau Sholat Gerhana Matahari di Masjid Sultan Lingga pada Kamis (26/12/2019) siang ba’da Zuhur.

Sholat yang khusus dilaksanakan hanya saat terjadinya gerhana ini adalah sunah muakadah atau sunah yang sangat dianjurkan. Salat gerhana matahari juga dianjurkan dilakukan secara berjamaah.

Meskipun sama seperti kebanyakan ibadah sholat lainnya yang hanya dilaksanakan sebanyak 2 rakaat, namun ada perbedaan khusus pada sholat ini, yakni setiap kali 1 rakaat ada 2 kali rukuk dan dua kali pembacaan surah Al-Fatihah serta surah yang dianjurkan. Demikian yang sampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Lingga Badiul Hasani saat penjelasan kaifiyah Sholat Kusuf ini.

Usai pelaksanaan sholat yang dipimpin langsung oleh imam besar Masjid Sultan Lingga H.Abdul Gani AR, rangkaian sholat dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Lingga.

Adapun dasar pelaksanaan sholat tersebut selain untuk mengagungkan kekuasaan Allah, Sholat tersebut dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas segala karunia yang telah diberikan Allah dan demi untuk memuliakan syariat Islam.

“Sholat ini adalah sebagai bentuk syukur kita karena dapat menyaksikan salah satu bentuk kekuasaan Allah yang jarang sekali terjadi di daerah kita,” kata Badiul Hasani dalam khutbahnya.

Selain itu, ia menghimbau kepada para jemaah untuk memperbanyak zikir dan doa, karena momen gerhana matarahari ini adalah salah satu waktu yang baik untuk memperbanyak doa.

Hadir dalam pelaksanaan Sholat Gerhana tersebut Wakil Bupati Lingga, Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Asisten 3 Setda Lingga, Kakan Kemenag Kabupaten Lingga, Kepala Bank Riau Kepri,  Kapolsek Daik beserta anggota, Kasi Bimas Islam, Perwakilan dari TNI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta para jemaah Masjid Sultan Lingga. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *