Dukung Mobilitas Pelajar di Desa Bukit Harapan, Pemkab Lingga Serahkan Satu Unit Bus

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga menyerahkan satu unit bus kepada Desa Bukit Harapan pada Selasa (04/02/2020) pagi. Ini juga menegaskan bahwa selain berfokus kepada empat pilar pembangunan, Pemkab Lingga tetap tidak pernah mengesampingkan dunia pendidikan.

Penyerahan satu unit bus yang dilaksanakan di halaman SDN 014 dan SMP 3 Lingga Utara ini sekaligus adalah untuk menggantikan bus lama yang telah beroperasi lebih kurang tujuh tahun sejak 2012 silam.

Kepala Desa Bukit Harapan M.Akip sangat berterimakasih kepada Pemkab Lingga, terutama kepada Dinas terkait yang dengan cepat merespon kebutuhan masyarakat yang disampaikannya beberapa lalu melalui Wakil Bupati Lingga.

“Alhamdulillah dengan adanya mobil ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kami. Tapi kedepan kalau dapat kami mau mobil yang baru,” kata M.Akip disambut tawa dan tepuk tangan para hadirin.

Disamping menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Lingga, kesempatan itu juga Ia manfaatkan untuk menyampaikan usulan masyarakat terkait pembangunan dermaga dan tambak udang oleh dua kelompok nelayan. Ia berharap, usulan masyarakat tersebut dapat segera diakomodir oleh Pemerintah Daerah, mengingat potensi desa yang sangat menjanjikan.

Usai penyampaian tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Selamat, dalam sambutannya menginformasikan bahwa Dishub Lingga telah menyerahkan total lima bus sejenis ke desa-desa lain yang membutuhkan.

Ia mengaku bahwa pihaknya juga sudah mengajukan permintaan bus sekolah yang baru kepada Kementerian Perhubungan, dengan harapan agar desa-desa yang belum memperoleh bus tersebut kedepannya bisa segera terakomodir.

Kedepan, ia menyarankan kepada desa-desa lain yang ingin mengusulkan transportasi bus, agar bisa mengusulkan juga lewat Dinas Pendidikan, karena menurutnya Dinas Pendidikan lebih cocok nomenklaturnya untuk penunjang sarana pendidikan.

Selanjutnya ia juga berharap agar bus yang nantinya menjadi tanggungjawab pihak desa ini, senantiasa dikelola dan dirawat dengan baik.

“Mari dirawat, ganti oli tepat waktu. Jangan dicoret-coret, dan jangan dirusak kursinya. Kami berharap nanti operator atau supirnya bisa mengingatkan kepada siswa-siswi untuk sama-sama merawat bus ini dengan baik,” kata Selamat menegaskan.

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga yang turun langsung dalam penyerahan bus tersebut, secara pribadi juga menyampaikan terimakasihnya kepada Dinas Perhubungan karena dengan adanya bus ini, sangat dirasakan manfaatnya bagi sekolah dan masyarakat. Ia mengajak semua pihak, terutama para siswa dan siswi yang menggunakan bus tersebut nantinya untuk ikut merawat dan memanfaatkan bus tersebut dengan baik.

“Sementara ini, kami pinjamkan bus Dishub ini. Saya memperoleh informasi bahwa dalam waktu dekat, kita akan ada memperoleh bantuan bus baru dari provinsi Kepri sebanyak 10 buah. Jadi nanti kalau sudah sampai, InsyAllah akan kita ganti dengan yang baru,” kata M.Nizar, Wakil Bupati Lingga.

Ia juga menegaskan bahwa, bus bantuan ini awal peruntukkan adalah untuk anak sekolah. Namun, dalam kondisi tertentu bisa juga digunakan untuk keperluan lain, dengan catatan mobilisasi anak sekolah tidak boleh terganggu.

Kemudian terkait usulan pembangunan dermaga di Limbung yang juga menjadi perhatian salah satu anggota DPRD Kabupaten Lingga Pokyong Kadir, Wakil Bupati Lingga mengabarkan bahwa pembangunan tersebut sudah akan dilaksanakan pada APBD 2020 ini. “Kalau untuk pembangunan pelabuhan di Limbung, InsyaAllah sudah kami kunci,” ungkapnya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pengecekan kondisi mobil dan penyerahan kunci kepada pihak desa. Besar harapan Wakil Bupati Lingga, bus tersebut dapat dirawat dan akan mampu mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi dunia pendidikan serta masyarakat di wilayah tersebut.

Diketahui hadir dalam acara tersebut Kabag Kominfo dan Humas, Kabid Darat Dishub Lingga beserta staf, Ketua BPD, LPM, RT dan RW, Guru dan Kepala Sekolah SDN 014 serta SMP 3 Lingga Utara, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat Desa Bukti Harapan. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *