Foto: BLH bersama KNPI Kecmatan Linggut goro di Sungai Pancur. Ist

Lingga (Media Center) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga akan segera menyediakan tempat pembuangan sampah (TPS) bagi masyarakat Kelurahan Pancur, Kecamatan Lingga Utara pada tahun 2017 mendatang. TPS tersebut untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kelurahan tersebut.

"2017 kita sudah siapkan usulan pengajuan TPS untuk kelurahan Pancur," kata Junaidi Adjam, Kepala BLH Lingga usai kegitan gotong royong bersama pemuda KNPI Kecamatan setempat, Senin (05/12/2017).

Dia mengatakan, pengajuan TPS di 2017 nantinya akan dibagi dalam dua item yakni pertama pengajuan berbentuk sampan/pompong fiber lengkap dengan peralatan untuk sungainya dan penyiapan lahan untuk di daratnya. 

Namun, sebelum hal itu terealisasi, lanjutnya, BLH telah memulai langkah awal menyiapkan satu tenaga harian lepas (THL) sebagai petugas kebersihan yang khusus untuk menjaga dan menangani sampah di sungai Kelurahan tersebut.

"Sementara waktu ini kita siapkan satu THL dulu untuk memungut sampah-sampah yang ada di sungai. Tapi untuk kedepannya segera kita tambah dan juga akan disiapkan TPS beserta dengan pengelohannya sekali," ungkap Junaidi.

Dia menambahkan, ini merupakan tindak lanjut dari pihaknya mengenai tidak adanya TPS di Kelurahan Pancur tersebut sehingga membuat alasan masyarakat untuk membuang sampah ke sungai maupun laut.

Namun setelah TPS disiapkan nantinya, ia pun berharap jangan lagi ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Dan tidak ada lagi sampah yang terlihat mengapung.

"Kita berharap yang terpenting kesadaran masyarakat. Kalau kita adakan pengajuan TPS ini pun, tapi masyarakat tetap saja buang sampah ke sungai itu sama saja. Tapi kalau tidak kita siapkan, kita salah juga. Insyaallah di 2017 mendatang kita siapkan hal-hal yang mengenai penangan sampah di Lingga ini," terang Junaidi. (MC Lingga)

Website SKPD Lingga