Sebuah truk memasuki kapal roro di pelabuhan roro Jagoh

Lingga (Media Center) - Kapal Roll On Roll Off (Roro) rute Jagoh-Penarik kembali beroperasi mulai Kamis (16/3), setelah sebelumnya terhenti karena KMP Paray yang melayani rute tersebut mengalami kerusakan pada bagian mesin.

"Informasi dari operator kapalnya, perbaikan sudah selesai. Lebih cepat dari yang kami perkirakan. Jadi besok (Kamis) sudah kembali beroperasi seperti biasa," kata Yusrizal, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga di Daik, Rabu.

Menurutnya, jadwal perjalanan kapal Roro penghubung antar pulau Singkep dan pulau Lingga itu tidak mengalami perubahan.

Namun, akan ada penambahan jadwal khusus pada tanggal 18 dan 19 Maret 2017 mendatang, guna mengakomodir transportasi peserta STQ tingkat Kabupaten Lingga di Daik.

"Kami usulkan penambahan jadwal khusus untuk mengakomodir peserta STQ Kabupaten di Daik selama dua hari itu. Jadi Roro akan melayani dua kali pulang-pergi (PP) dalam sehari," ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun Antara, penghentian sementara pengoperasian kapal Roro KMP Paray karena mengalami kerusakan mesin, Sabtu (11/3) lalu, sempat membuat regulasi pelayanan penyeberangan antar pulau Singkep dan pulau Lingga terganggu.

Alternatif pengganti sarana transportasi lain yang tersedia di pelabuhan Jagoh maupun pelabuhan Penarik, seperti speedboat atau perahu motor (pompong), dirasakan tidak efisien.

Bahkan, untuk menyebrangkan satu unit kendaraan roda dua yang awalnya hanya Rp30.000 dengan kapal Roro tersebut, berubah menjadi Rp.250.000 dengan pompong. (MC Lingga)

Website SKPD Lingga